Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Kapolres Karangasem Hadiri Rakor Persiapan Karya Tabuh Gentuh dan Wanakertih 2024




KARANGASEM - Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P., menghadiri Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten se-Bali dalam rangka Persiapan Karya Tabuh Gentuh dan Wanakertih Tahun 2024. Rapat digelar di Bale Paruman Agung Jaba Tengah Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir, Banjar Dinas Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, pada Selasa (22/10)


Rapat koordinasi yang diawali dengan persembahyangan bersama ini dihadiri oleh berbagai pejabat daerah termasuk Plt. Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, perwakilan dari kabupaten lainnya, serta pimpinan instansi terkait.


Dalam laporannya, Ketua Panitia Jro Mangku Wayan Sukra menyampaikan bahwa Karya Agung ini merupakan kegiatan tahunan yang akan dilaksanakan pada 16-27 November 2024 dengan perkiraan biaya mencapai 4 miliar rupiah.


Berbagai dukungan dana telah disampaikan dalam rapat tersebut. Kabupaten Badung selaku pengempon Pura Pasar Agung melalui Kadis Kebudayaan menyatakan akan memberikan dana upacara sebesar 4 miliar rupiah. Perwakilan Gubernur Bali menjanjikan bantuan 300 juta rupiah, Kabupaten Klungkung 420 juta rupiah, dan Kabupaten Gianyar 50 juta rupiah.


Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta dalam sambutannya menegaskan kesiapan jajaran kepolisian untuk memberikan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas demi kenyamanan dan keamanan pemedek dalam melaksanakan persembahyangan. Beliau juga menyatakan bahwa Seka Gong dan Bondres Polres Karangasem siap mendukung pelaksanaan karya tersebut.


Plt. Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengingatkan agar pelaksanaan upacara di Pura Pasar Agung dilakukan dengan sikap lascarya dan ikhlas untuk kelancaran seluruh rangkaian upacara.


Hasil rapat menyimpulkan bahwa masing-masing Pemerintah Kabupaten se-Bali akan melaksanakan Upacara Penganyar selama upacara berlangsung, dengan fasilitas upacara yang akan disediakan oleh Panitia Karya di Pura Pasar Agung.






(Cahaya)