Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Bina Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 1616/Gianyar Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II

 



Gianyar - Dalam rangka membina kemampuan fisik dan untuk menunjang kesehatan Prajurit guna mendukung pelaksanaan tugas, Kodim 1616/Gianyar bersama Jasrem 163/WSA dengan dipimpin Lettu Inf I Made Mahardika beserta 7 orang anggota menggelar kegiatan tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II TA. 2024 bagi Personil dan PNS TNI, dengan lokasi pelaksanaan di lapangan Makoyonzipur 18/YKR Jln. Kesatrian No 5 Gianyar dan di kolam renang telaga madu Desa Lebih/Kec.Kab.Gianyar. Rabu (23/10/2024)

 

Adapun anggota Kodim 1616/Gianyar yang mengikuti Kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II TA. 2024 Kodim 1616 /Gianyar sebanyak 129 orang, dan selanjutnya melaksanakan tes dengan materi Kesegaran Jasmani A Lari selama 12 Menit, dan kesegaran jasmani B yang diantaranya Pull Ups selama 1 Menit, Sit Ups selama 1 Menit, Push Ups selama 1 Menit, Shutle Run selam 3 putaran dan Ketangkasan Renang. Sedangkan tes kesegaran bagi PNS TNI dilaksanakan Lari selama 12 Menit.


Rangkaian kegiatan tes diawali pengambilan tensi oleh Tim Denkesyah dan Pos Kes Kodim 1616/Gianyar, Lettu Ckm dr. Firman beserta anggota Denkesyah dan Poskes Gianyar terhadap anggota yang melaksanakan Garjas.


Pengecekan sekaligus penekanan terkait pelaksanaan Kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II TA. 2024 Kodim 1616 /Gianyar yang diambil oleh Pasi Pers Kodim 1616/Gianyar Kapten Czi I Nyoman Wirahadi D. menyampaikan, saya menekankan kepada seluruh Personil yang mengikuti kegiatan agar dalam pelaksanaan tes ini dilaksanakan dengan serius dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang Prajurit secara berkala, kegiatan garjas ini sangat penting dilaksanakan bagi prajurit yang akan diusulkan kenaikan pangkat maupun sebagai kelengkapan adminitrasi, mengikuti pendidikan dalam alih golongan serta untuk menunjang program lainnya. Di kesempatan ini saya berpesan kepada seluruh peserta garjas, semangat itu harus akan tetapi tetap mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan. Tegasnya"


Selaku Ketua Tim dari Jasrem 163/WSA Lettu Inf I Made Mahardika juga menyampaikan agar kegiatan Garjas ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sehingga harapannya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya dengan tetap menjaga faktor keamanan agar tidak terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan. Ungkapnya"


Dalam pelaksanaan tes kesegaran A dan B dibagi menjadi 4 gelombang yang diantaranya untuk gelombang 1 diikuti oleh sebanyak 30 orang, gelombang 2 sebanyak 30 orang, Gelombang 3, sebanyak 24 orang, dan untuk gelombang 4 sebanyak 21 orang.


Sedangkan untuk ketangkasan renang dasar gaya dada menempuh jarak 50 meter, dengan diawali pemanasan kemudian dilanjutkan pelaksanaan tes renang, dan untuk di akhir semua kegiatan di laksanakan evaluasi oleh Ketua Tim dari Jasrem 163/WSA Lettu Inf I Made Mahardika.


Secara umum kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan kondusif, dimana tes kesegaran jasmani bagi prajurit tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan fisik serta mengukur kemampuan para personel, guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD terutama di wilayah Kodim 1616/Gianyar.





(Cahaya)