Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Kapolres Karangasem dampingi Kapolda Bali Laksanakan Simakrama di Pura Agung Besakih

 



KARANGASEM - Kapolda Bali, Irjen. Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.IK., M.Si., melaksanakan Simakrama di Balai Pesucian Pura Penataran Agung Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Kegiatan ini didampingi oleh Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P., pada Senin, (30/9)


Simakrama dihadiri oleh sejumlah Pejabat Utama Polda Bali, termasuk Irwasda Polda Bali, Karo SDM Polda Bali, Dir Reskrimsus Polda Bali, Dir Binmas Polda Bali, Kabid Humas Polda Bali, dan Kabid Propam Polda Bali. Hadir pula pejabat setempat seperti Camat Rendang, Danramil Rendang, Kaban Pengelolaan Kawasan Suci Besakih, Bendesa Besakih, Perbekel Besakih, dan Manggala Pecalang Besakih. Acara juga dihadiri oleh tokoh agama, tokoh adat, para pemangku Pura Agung Besakih, dan pecalang dengan total kehadiran sekitar 50 orang.


Rangkaian kegiatan dimulai dengan foto bersama di depan tangga Pura Penataran Agung Besakih, dilanjutkan dengan persembahyangan yang dipimpin oleh Kapolda Bali beserta rombongan. Dalam sambutannya, Bendesa Besakih, Jro Mangku Nyoman Widiartha, S.Pd., menjelaskan sejarah Pura Agung Besakih dan menekankan sinergi antara 44 anggota pecalang dengan aparat keamanan lainnya dalam menjaga keamanan kawasan suci tersebut.


Kapolda Bali, Irjen. Pol. Daniel Adityajaya, dalam sambutannya menekankan pentingnya sinergitas antara Kepolisian dengan tokoh agama, tokoh adat, dan pecalang dalam menjaga keamanan Kawasan Pura Agung Besakih. Beliau juga memperkenalkan program DARMA (Disiplin dan Berintegritas - Humanis - Akuntabel - Responsif - Melayani dengan hati - Adaptif) sebagai landasan kerja Kepolisian di Bali.


Kapolda Bali juga menyoroti peran Polda Bali dan Polres Karangasem dalam mengamankan rangkaian upacara IBTK (Ida Betara Turun Kabeh) di Pura Besakih, terutama di jalur-jalur rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas menuju Pura Besakih.


Acara ditutup dengan penyerahan tali asih sebanyak 50 paket kepada 5 perwakilan pecalang dan penyerahan dana punia dari Kapolda Bali kepada Bendesa Adat Besakih, sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan suci Pura Agung Besakih.






(Cahaya)