Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Kompak! Bhabinkamtibmas, Pecalang dan Linmas Kawal Upacara Pengabenan di Desa Dangri Kelod

 



Pada Jumat (30/08/2024) suasana khidmat dan kebersamaan terlihat jelas saat Upacara Pitra Yadnya atau pengabenan yang digelar di Setra/Kuburan Desa Adat Yang Batu, Jl. Trisakti, Banjar Yang Batu Kangin, Desa Dangri Kelod, Denpasar Timur. Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama prosesi Ngaben tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Dangri Kelod Aiptu Suwandono bersama Pecalang Banjar Yang Batu Kauh dan Linmas Desa Dangin Puri (Dangri) Kelod, kompak dan bersinergi memberikan pengawalan dan atensi penuh.


Prosesi Upacara Ngaben warga Banjar Yang Batu Kauh an. I Made Kembar (70 tahun) yang meninggal karena sakit, dimulai pukul 07.42 wita dengan upacara pemandian jenazah di rumah duka dan dilanjutkan dengan Upacara Ngaskara oleh Ida Perande Griya Pemaron pada pukul 09.43 wita, selanjutnya upacara Mepamit di Pemerajan pada pukul 10.34 wita.


Pemberangkatan jenazah dilakukan pada pukul 12.50 wita dari rumah duka Jln. Letda Ngurah Putra menuju Setra/Kuburan Desa Adat Yang Batu dengan menggunakan Bade, diiringi oleh warga Desa Adat Yang Batu serta kerabat dan keluarga almarhum. Kehadiran Bhabinkamtibmas bersama Pecalang dan Linmas merupakan wujud sinergitas yang solid dalam menjaga ketertiban dan keamanan setiap prosesi keagamaan dan adat di wilayahnya.


Ditempat terpisah Kapolsek Dentim AKP Agus Riwayanto Diputra s.IK.,M.H., mengatakan bahwa Sinergi dan kekompakan antara Bhabinkamtibmas, Pecalang dan Linmas dalam pengamanan setiap kegiatan Upacara keagamaan dan Adat sangat penting dalam upaya menjaga ketertiban dan keamanan. Kehadiran mereka memastikan bahwa seluruh rangkaian kegiatan Upacara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. Kami berharap kolaborasi seperti ini terus ditingkatkan, sehingga tercipta suasana yang aman dan kondusif.






(Cahaya)