Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Pemdes Sarma Nauli Gelar Penyaluran BLT Desa Tahun Anggaran 2024 Tahap II.

 



TAPTENG, KPK - Pemerintah Desa (Pemdes) Sarma Nauli  gelar Penyaluran BLT Desa Tahun Anggaran (T.A) 2024 Tahap II.


Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Sarma Nauli, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), Jumat (12/07/2024) sekitar pukul 10.00 WIB.


Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Sarma Nauli, Mardippu Simatupang menyampaikan, hari ini Ketua BPD mengundang Bapak - Ibu untuk memberitahukan bahwa Pemerintah Desa akan menyalurkan BLT Desa tahap II untuk bulan April,Mei dan Juni.

"Bantuan Langsung Tunai ini bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2024. Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada tahap II sama dengan jumlah penerima manfaat pada tahap I,"kata Mardippu.


Besaran dana yang diperoleh setipa bulannya, lanjut Mardippu, sebesar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah). 

"Karena yang akan kita salurkan untuk tiga bulan sekaligus maka setiap penerima manfaat akan memperoleh dana tunai dari Bantuan Langsung Tunai sebesar Rp. 900.000 (sembilan ratus ribu rupiah),"tegas Mardippu.


Pantauan media ini, Kepala Desa Sarma Nauli memaparkan, sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan Dana Desa 2024, bahwa Pemerintah Desa berkewajiban melaksanakan program-program prioritas penggunaan Dana Desa, salah satunya program pemulihan ekonomi berupa perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk penyaluran BLT Desa dari Anggaran Dana Desa.


Surat edaran itu mengatur  mengenai kriteria calon Keluarga Penerima Manfaat BLT Desa  sebagai berikut;

1. Kehilangan mata pencaharian,

2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis,

3. Tidak menerima Program Bantuan Keluarga Harapan (PKH),

4. Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal yang lanjut usia,

5. Perempuan kepala keluarga dari keluarga miskin.


"Pergunakanlah Bantuan Langsung Tunai yang berasal dari Dana Desa ini sebaik mungkin, semoga bisa membantu meringankan bagi penerima manfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,"tutup Mardippu.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua BPD, Kepala Desa Sarma Nauli, Mardippu Simatupang, Mewakili Camat Manduamas, Sekcam Ali Imsan Situmorang, SH, Bhabinkamtibmas Polsek Manduamas, Aipda. Safi i, Babinsa 01 Barus, Kopda. Jef. Siregar, Aparatur Desa dan Para Keluarga Penerima Manfaat BLT Desa Tahun Anggaran 2024.



(Allin)