Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Jumat curhat sekaligus tatap muka bersama Jagabaya dan Pecalang Br. Gunung Desa Pemogan Kecamatan Denpasar Selatan

 



Denpasar, Untuk mendengarkan aspirasi, masukan maupun keluhan terkait gangguan kamtibmas dari masyarakat, Polsek Denpasar Selatan bersama dengan Polresta Denpasar melaksanakan kegiatan jumat curhat sekaligus tatap muka bersama Prajuru, Pecalang dan Jagabaya Banjar Gunung bertempat di wantilan Pura dalem penataran sari desa adat Pemogan. Jumat (5/7/2024) 


Turut hadir dalam kegiatan, Kasat Binmas Polresta Denpasar AKP Gede Endrawan, S.H., M.H., Kanit Binmas Polsek Denpasar Selatan AKP Dewa Arnawa, S.H., Babinkamtibmas Desa Pemogan, Kepala Dusun Banjar Gunung, Kelian adat Banjar Gunung beserta anggota Jagabaya dan Pecalang Br. Gunung Desa Sidakarya. 


Kasat Binmas Polresta Denpasar AKP Gede Endrawan, S.H., M.H., mengucapkan terima kasih karena telah menjalin sinergitas di lapangan dan sampai saat ini belum ditemukan permasalahan yang signifikan yang mengarah terjadinya gangguan Kamtibmas khususnya di wilayah Br. Gunung Desa Pemogan. 


Selain menyerap aspirasi maupun keluhan terkait kamtibmas, dalam kegiatan jumat curhat petugas jagabaya dan pecalang diberikan arahan dan pembinaan terkait tugas-tugas selaku Pecalang dan jagabaya serta langkah-langkah bila ada gangguan kamtibmas.


Kasat Binmas Polresta Denpasar, AKP Gede Endrawan, S.H., M.H. mengatakan pembekalan tentang tugas Pecalang dan Jagabaya di Banjar adat serta dasar hukumnya perlu diberikan agar dalam melaksanakan tugasnya, pecalang ataupun jagabaya tidak salah dalam bertindak dan mempunyai payung hukum dalam melakukan tugasnya. 


"diharapkan melalui kegiatan jumat curhat sekaligus pembekalan ini, apabila ditemukan permasalahan yang mengarah gangguan Kamtibmas di wilayahnya, sebagai petugas pecalang maupun Jagabaya dapat mengambil langkah-langkah antisipasi sehingga tidak bertentangan dengan tugasnya selaku pecalang maupun jagabaya" ucap AKP Gede Endrawan, S.H., M.H. 


Kapolsek Denpasar Selatan AKP I Komang Agus Dharmayana W., S.I.K., M.Si. saat dikonfirmasi secara terpisah mengatakan Kegiatan Jumat Curhat yang digelar Polresta Denpasar bersama Polsek Denpasar Selatan ini sebagai bentuk komitmen polri dalam menjaga kamtibmas tetap kondusif dengan menyerap aspirasi maupun masukan dan keluhan masyarakat dari tingkat bawah guna mencari solusi terkait gangguan kamtibmas di wilayahnya. 


"terkait pembekalan materi terhadap pecalang dan jagabaya sangat penting dilakukan karena dalam menjaga kamtibmas di Bali tidak cukup dilakukan oleh aparat keamanan saja, namun melalui sinergitas antar masyarakat, desa adat, hingga pemerintah baik TNI maupun Polri" tutup AKP I Komang Agus D. W., S.I.K., M.Si. 






(Cahaya)