Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Bid Humas Polda Bali Gelar Latihan Peningkatan Kemampuan Cyber Troops kepada Personel Jajaran Polda dan Polres

 



Guna meningkatkan kemampuan personel Humas Multimedia (Mulmed) pada masing-masing fungsi satker dan satuan Polres jajaran Polda Bali, Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Polda Bali menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Cyber Troops, yang bertempat di Hotel Nirmala Denpasar, Kamis (11/7/2024).


Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Bali AKBP. I Ketut Eka Jaya, S.H., Kasubbid PID Bid Humas Polda Bali AKBP. I Made Witaya, S.H., Kasubbid Mulmed Bid Humas Polda Bali AKBP. I Ketut Maret, S.H., serta seluruh pengemban fungsi kehumasan pada masing-masing fungsi dan para Kasi Humas satker Polres jajaran Polda Bali. Pada kegiatan tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber yakni, I Made Suandana Astika Pande, S.Kom.,M.Kom. ( Multimedia), ⁠Ariza Firdaus, S.Kom. (Konten Kreatif), ⁠I Komang Dharmendra, S.Kom., M.T., CDS. (Cyber Troops).


Saat membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Cyber Troops Bid Humas Polda Bali, Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Bali AKBP. I Ketut Eka Jaya, S.H., saat mewakili Kabid Humas Polda Bali menjelaskan bahwa tugas dan wewenang dari seorang cyber troops adalah mencari dan menyelidiki opini masyarakat yang beredar di media sosial seperti ujaran kebencian, berita bohong (hoax), isu sara, radikalisme yang dapat menimbulkan permasalahan atau kegaduhan pada masyarakat.


_“Disini cyber troops membantu peran dari cyber crime yang ada dibawah naungan direktorat cyber crime, dengan mengcounter berita yang beredar yang dianggap merugikan institusi polri, melabeli hoax pada berita bohong yang kemudian di posting pada akun resmi Polri,”_ jelasnya.


AKBP Eka Jaya juga menjelaskan perbedaan dari polisi konvensional yang melaksanakan tugas secara real hadir ditengah tengah masyarakat sedangkan cyber troops adalah personil Polri yang hadir di dunia maya, memantau kegiatan masyarakat di dunia maya, menjaga ketertiban didunia maya. _“Bedanya  personel cyber troops ini melaksanakan patroli di dunia maya, lewat sosial media dan akun-akun yang berpotensi menimbulkan isu, ujaran kebencian, hoax dan radikalisme,”_ imbuhnya.


Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Cyber Troops Bid Humas Polda Bali berjalan dengan lancar dan menarik, sebab setiap sesi diselingi dengan tanya jawab ringan terkait dengan tindak lanjut dan saran yang disampaikan peserta kepada narasumber.


Tujuan dari dilaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan cyber troops dari Bid Humas Polda Bali ini adalah untuk menyegarkan kembali dan bahkan meningkatkan pengetahuan seluruh personel humas akan apa itu cyber troops, apa tugas dan wewenangnya, karena peran cyber troops sama dengan peran personil Polri yang hadir ditengah tengah masyarakat yang sama-sama melaksanakan patroli, memberi informasi informasi penting kepada masyarakat.







(Cahaya)