Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Sambut hari Bhayangkara Ke-78, Polsek Densel Gelar Bersih Pantai Dan Pelepasliaran Tukik Di Pantai Mertasari

 



Denpasar, Polsek Denpasar Selatan bersama  Mahasiswa Universitas Udayana dan masyarakat melaksanakan bersih pantai dan pelepasliaran tukik di Pantai Mertasari Desa Sanur Kauh. Minggu (9/6/2024).


Kapolsek Denpasar Selatan AKP I Komang Agus Dharmayana W., S.I.K., M.Si. menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke-78 yang jatuh pada 1 Juli 2024 mendatang. 


Menurutnya, gerakan bersih pantai ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan kawasan seputaran pantai khususnya dari sampah plastik sehingga masyarakat maupun wisatawan dapat merasakan keindahan dan kenyamanan saat berwisata, karena pantai di Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis-turis mancanegara saat berlibur di Bali.


Selain melaksanakan bersih pantai kegiatan juga dilaksanakan dengan melepasliarkan tukik atau anakan penyu jenis Lekang (Lepidochelys olivácea) hasil penyelamatan dari sarang penyu yang bertelur di seputaran pantai sanur. 


Sebanyak 47 tukik dilepas liarkan sebagai kegiatan konservasi, melestarikan keberadaan penyu yang sudah langka dari bahaya kepunahan dan satwa liar di alam tetap terjaga serta dapat melakukan fungsinya sebagai bagian dari penyeimbang ekosistem.


Kapolsek Denpasar Selatan AKP I Komang Agus Dharmayana W., S.I.K., M.Si. saat dikonfirmasi mengatakan melalui kegiatan bersih pantai dan pelepasliaran tukik ini akan tercipta sinergi yang kuat dalam upaya pelestarian lingkungan serta dapat menginspirasi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan pantai dan laut, serta mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang dapat merusak ekosistem laut. 


"Dengan menjaga kawasan pantai maupun laut tetap bersih diharapkan dapat membawa dampak positif secara ekologis maupun ekonomi serta selaras dengan konsep 'Tri Hita Karana' yakni harmoniasi hubungan manusia dengan alam". tutup AKP I Komang Agus Dharmayan.







(Cahaya)