Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Polresta Denpasar Gelar Upacara Pembaretan Bintara Remaja Lulusan Tahun 2024

 



DENPASAR, Sabtu, 8 Juni 2024, pukul 06.00 WITA, Polresta Denpasar mengadakan Upacara Pembaretan Bintara Remaja lulusan tahun 2024. Acara ini berlangsung di Taman Pujaan Bangsa Margarana dan dipimpin oleh Waka Polresta Denpasar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K., M.H.



Upacara pembaretan ini dihadiri oleh pejabat utama Polresta Denpasar, kapolsek jajaran, dan para Bintara Remaja. Sebelum acara inti, Bintara Remaja melaksanakan long march yang dimulai dari areal parkir obyek wisata Alas Kedaton, Tabanan. Mereka menempuh jarak 10 km melalui rute obyek wisata Alas Kedaton - Jl. Raya Desa Jadi - Jl. Wisnu Marga, dan tiba kembali di Taman Pujaan Bangsa Margarana dalam waktu 3 jam.



Setelah long march, diadakan peragaan Dalmas dan bela diri Polri di area parkir Taman Pujaan Bangsa Margarana. Upacara pembaretan berlangsung di lapangan upacara, di mana Waka Polresta Denpasar membacakan amanat dari Kapolresta Denpasar.



Dalam amanatnya, Kapolresta Denpasar menekankan pentingnya pembaretan ini sebagai momen bagi bintara remaja untuk memahami tugas Polri secara nyata. Bintara remaja diharapkan mampu menghadapi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pasca Pemilu 2024 dan Pilkada serentak 2024 dengan melakukan tindakan pencegahan dini untuk mencegah potensi kerawanan menjadi gangguan nyata.


"Bintara remaja adalah garda terdepan dalam mengamankan wilayah hukum Polresta Denpasar. yang nantinya akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan agar bersikap profesional dan proporsional dalam memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat, serta penegakan hukum," ucap Wakapolresta.



Selain itu, Kapolresta menggarisbawahi pentingnya kesamaan pola pikir, sikap, dan tindakan para personel dalam menjalin sinergitas dengan pemangku kepentingan lain guna mengantisipasi perkembangan situasi kamtibmas. Bintara remaja diharapkan menguasai, memahami, dan mengimplementasikan sistem serta metode yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Polri sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing.



Di akhir amanat pimpinan menyampaikan terima kasih kepada peserta pembaretan, panitia penyelenggara, serta instruktur dan pelatih atas terlaksananya pembaretan dengan baik dan lancar. "Selamat bergabung dan bertugas di Polresta Denpasar bagi bintara remaja lulusan tahun ajaran 2024," tutup AKBP Bayu Sutha.






(Cahaya)