Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Polres Gianyar Amankan Upacara Penyucian Pataka Polda Bali Di Pura Durga Kutri Buruan-Blahbatuh


 


BLAHBATUH-Polres Gianyar mengamankan Upacara Penyucian Pataka Polda Bali Sura Dwipa Sarvabhavena di Pura Kayangan Jagat Bukit Darma Durga Kutri, Desa Buruan /Jumat, 21 Juni 2024.


Upacara Penyucian Pataka dihadiri Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada, S.I.K., Kayanma Polda Bali Kompol. I Wayan Suka, S.Sos. M.Si., Para PJU Polres Gianyar, Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Berata, S.H, M.H dan Prajuru Adat Desa Adat Kutri bersama pengempon Pura Durga Kutri.


Upacara Penyucian Pataka yakni mencuci panji-panji Korps Bhayangkara. Upacara tersebut menjadi tradisi wajib sebelum peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-78 pada 1 Juli 2024 mendatang.


Upacara Pencucian Pataka Polda Bali merupakan upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata .Lokasi penyucian Pataka di Pura Bukit Dharma Durga Kutri yang dijadikan sebagai cagar budaya. Selain karena keindahannya, pura ini juga memiliki nilai historis yang juga menarik untuk diketahui.


Nilai historis tersebut tercermin pada peninggalan purbakala berupa arca kuno, struktur dari pura ini yang memiliki pola yang berundag – undag (teras berundag), dan batu-batu candi yang salah satunya berbentuk pintu. Oleh karena itu pura ini disebut-sebut merupakan Padharman dari Ratu Gunapriyadharmapatni atau Mahendradatta.


Personel Gabungan Polres Gianyar dan Polsek Blahbatuh mengamankan jalannya Upacara Penyucian dimana seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan Khidmat dan Lancar.







(Cahaya)