Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Babinsa Serongga & Medahan Bersinergi Amankan Upacara Adat Ngedetin Ragkaian Ngaben Masal


 


Gianyar - Serongga, di Pantai Masceti Kec/Kab.Gianyar  Babinsa Desa Serongga Koramil 1616-01/Gianyar Koptu I Komang Sudarnita bersama Babinsa Medahan Kopka Gusti Suarma bersinergi dengan Pecalang Desa Serongga amankan kegiatan Upacara Adat dalam rangka Upacara Atma Wedana ( Ngedettin) warga Desa Serongga di Pantai Masceti Kec/Kab Gianyar. Selasa (25/6/2024)


Dalam Kegiatan Upacara Adat tersebut Babinsa Desa Serongga bersama Pecalang Adat memantau keamanan demi kelancaran kegiatan warga masyarakat yang sedang melaksanakan Yadnya/Upacara Atma Wedana (ngedettin) di pantai masceti yang merupakan rangkaian dari upacara Ngaben masal Warga Desa Serongga. Adapun kegiatan Upacara diawali dengan Sembahyang bersama yang kemudian dilanjutkan Acara Ngedettin di pesisir Pantai Masceti.


Babinsa Serongga Koptu I Komang Sudarnita disamping melakukan pemantauan keamanan juga memberikan himbauan bagi Warga yang akan menuju pantai agar tetap tertib secara beriringan, dan bergantian serta tidak berebutan demi keamanan dan keslamatan warga. Ujarnya"


Adapun Warga masyarakat yang hadir mengikuti rangkaian Upacara Adat Ngedetin tersebut diperkirakan berjumlah -+ 300 Orang. Untuk selanjutnya Babinsa Serongga yang bersinergi dengan Pecalang Adat melakukan pengawalan kegiatan kembali ke setra/tempat kuburan Desa Serongga untuk melanjutkan kegiatan upacara selanjutnya.






(Cahaya)