Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Babinsa Atensi Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Kearifan Lokal Di Desa Pejeng Kelod

 



Gianyar - Tampaksiring, bertempat di  Aula Kantor Desa Pejeng kelod, Babinsa Desa Pejeng kelod Ramil 1616-03/Tampaksiring Serka I Ketut Yasa bersama Bhabinkamtibmas Desa Pejeng Kelod Aiptu Dewa Made Semara Wisma atensi undangan dalam rangka Pembinaan PKK tentang Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Kearifan Lokal Desa Pejeng Kelod tahun anggaran 2024 di Desa Pejeng kelod Kec. Tampaksiring. Selasa (18/6/2024)


Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua BPD Desa Pejeng Kelod, Ketua TP PKK Desa Pejeng Kelod, Ketua Pokja 1-4, PKK Desa Pejeng Kelod, Anggota PKK se, Desa Pejeng Kelod, Pendamping Desa Pejeng, Kelod, Pendamping Lokal Desa Pejeng Kelod, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pejeng Kelod, Perbekel Desa Pejeng kelod. 


Dalam sambutannya Perbekel Desa Pejeng Kelod di acara tersebut menyampaikan ucapan selamat datang dan trima kasih kepada tamu undangan dan Peserta Penguatan Pencerahan Pemilahan Sampah, Organik, Non Organik dan Residu yang telah berkesempatan hadir, apabila Nanti Ibu - Ibu PKK Kader Sampah belum mengerti bisa di tanyakan lebih lanjut pada saat sesi tanya jawab, dan silahkan di simak atau di Perhatikan. Ujarnya"

 

Sambutan dari Narasumber DLH Kabupaten Gianyar Bapak I Wayan Subawa STPM. Bidang Pengaduan. Menjelaskan Penguatan Sampah Berbasis Kearifan Loka dalam rangka pembinaan bagi Kader PKK Desa Pejeng kelod, dimana ada 4 Point yang diantarnya (1).Pikobet, Permasalahan, (2) Siapa yang menyebabkan permasalahan sampah, (3) Dampak setelah terjadi dan yang akan terjadi, (4) Program strategi pengelolaan sampah Ibu - Ibu Kader PKK sebagai Agen Pelopor, sampah semakin hari terus meningkat perkembangan jumlahnya, penduduk, dan kemajuan perekonomian, terus meningkat. Tapi jangan takut dengan semakin banyak sampah semakin baik perekonomian semakin baik. dan maju. Sampah adalah kemasan pejeki. Penghentian TPA, Tempat Pengelolaan Akhir. Kita memakai Paradigma Baru  Pilah - Kumpulkan - jual. Penyebab Utama Permasalahan Persampahan  Masyarakat Belum Bijak mengelola Sampah yang dihasilkan. Sampahmu adalah tanggung Jawab Mu. Terakhir. Paparnya" 


Di acara tersebut Babinsa Pejeng Kelod Serka I Ketut Yasa juga memberikan Masukan agar  IBu - IBu PKK lebih Bijak dalam pengelolaan sampah dan melakukan pemilahan sampah dan menyesuaikan dengan jadwal yang sudah di berikan, baik itu, Sampah Organik, sampah anorganik, dan sampah residu, agar terpisah dengan baik untuk memudahkan Petugas dalam pengangkut sampah. Imbuhnya"






(Cahaya)