Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Atasi Dampak Perubahan Iklim Kodim Gianyar Komsos Bersama Aparat Pemerintahan Kab.Gianyar

 



Gianyar - Makodim, di Gedung Manunggal TNI Rakyat Kodim 1616/Gianyar, Jalan Ngurah Rai No 8A  Kelurahan Gianyar Kec/Kab. Gianyar telah dilaksanakan kegiatan Komsos Dengan Aparat Pemerintahan di wilayah Kodim 1616/Gianyar oleh Staf Ter Kodim 1616/Gianyar dengan tema "TNI AD Bersama Aparat Pemerintah Bersinergi Dalam Mengatasi Dampak Perubahan Iklim". Rabu (12/6/2024)


Adapun kegiatan Komsos bersama Aparat Pemerintahan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas TNI dengan Aparat Pemerintahan di wilayah Kodim 1616/Gianyar untuk mendukung kebijakan-kebijakan Pimpinan TNI AD dan mendukung kebijakan keamanan nasional serta bersama-sama membangun kesadaran dalam menghadapi ancaman perubahan iklim.


Sambutan Dandim 1616/Gianyar dalam acara tersebut menyampaikan Kami Keluarga Besar Kodim 1616/Gianyar mengucapkan selamat datang kepada para undangan yang sudah berkesempatan hadir untuk mengikuti kegiatan ini dalam rangka Komsos Dengan Aparat Pemerintahan di wilayah Kodim 1616/Gianyar. Indonesia, sebagai negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Tenggara memiliki keragaman alam yang luar biasa, namun perubahan iklim global telah menyebabkan berbagai dampak negatif, naiknya permukaan air laut, perubahan pola curah hujan, kebakaran hutan selain itu perubahan iklim juga mempengaruhi ketersediaan air bersih untuk konsumsi dan kebutuhan industri, semua ini berpotensi menyebabkan kerugian besar terhadap ekosistem, keberlanjutan sumber daya alam dan kesejahteraan masyarakat


TNI AD bersama Kementerian dan lembaga pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim di indonesia. TNI AD tidak hanya bertugas untuk menjaga keamanan negara dari ancaman militer, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk melibatkan diri dalam upaya perlindungan lingkungan dan keberlanjutan.


Oleh karena itu maka kegiatan Komsos dengan Aparat Pemerintah ini merupakan upaya pembinaan guna tetap terus mendapatkan bekal untuk menghadapi perkembangan situasi dalam mendukung pelaksanaan Pembinaan Teritorial di wilayah.


Penyelenggaraan kegiatan ini juga bertujuan memelihara, meningkatkan dan menjalin sinergitas antara TNI AD dengan Aparat Pemerintah dalam pemahaman tentang dampak perubahan iklim dan mengatasinya. 


Oleh sebab itu, saya berharap kepada kita semua selaku Aparat Pemerintah untuk menjalin kerja sama yang semakin erat antara TNI AD dengan Aparat Pemerintah dalam mendukung kebijakan-kebijakan Pimpinan TNI AD Tahun 2024 di bidang teritorial, meningkatkan koordinasi dan sinergi antara Aparat Pemerintah dan TNI AD dalam kebijakan keamanan nasional dalam hadapi ancaman perubahan iklim di Indonesia dan bersama-sama membangun kesadaran dalam menghadapi ancaman perubahan iklim.


Demikian yang dapat kami sampaikan, kiranya Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan petunjuk, bimbingannya serta kekuatan kepada kita semua dalam melaksanakan pengabdian kepada Bangsa dan Negara yang kita cintai ini. Sekian dan terima kasih. Jelas Dandim Gianyar Letkol Cpn I Gede Winarsa, S.H., M.Han."


Kegiatan Komsos dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ahli Muda Pengendali Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar I Wayan Subawa, STP. MP tentang "Peran Teknologi Pengelolaan Sampah Berbasis Kearipan Lokal Dalam Rangka Menghadapi Perubahan Iklim" 


Penyampaian materi oleh Kapten Inf Hengki Histoveri tentang Pokok - Pokok Kebijakan Kasad Bidang Teritorial Tahun 2024"


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1616/Gianyar Letkol Cpn I Gede Winarsa, S.H., M.Han., Kasdim 1616/Gianyar Mayor Arh Pande Made Sudarta. Pjs. Pasi Ter Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf Cokorda Agung Semadi, Pasilog Kodim 1616/Gianyar Kapten Inf.Hengki Histoveri, Pasandi Kodim 1616/Gianyar Lettu Inf Bambang Sutikno, Dishub Gianyar Dpp.I Wayan Madia beserta anggota Kesbangpol Dpp.I Nyoman Yasa, SH., beserta anggota, Dinas lingkungan Hidup Gianyar Dpp. I Wayan Subawa, STP. MP beserta anggota, dan Satpol PP Gianyar.






(Cahaya)