Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Ops Ketupat Agung 2024 Pos PAM KFC Jimbaran Terima Pelatihan Penanganan Pertama Kecelakaan dari RS BIMC Nusa Dua

 




Jimbaran, Bali - Pada hari Senin (8/4), personel yang tergabung dalam Operasi Ketupat Agung 2024 di Pos PAM KFC Jimbaran menerima pelatihan tentang penanganan pertama terhadap kecelakaan. Kegiatan ini diisi oleh dr. Ari, dokter di BIMC Nusa Dua, dan diikuti oleh seluruh personel yang bertugas di pos tersebut.


Dalam pelatihannya, dr. Ari menyampaikan beberapa materi penting, antara lain Penanganan pertama jika menemukan kasus di jalan raya, terutama saat mudik lebaran: seperti  kasus Luka karena kecelakaan lalu lintas, Menemukan pasien yang kejang atau asma, dan menemukan pasien tidak sadarkan diri, dokter Ari juga menekankan tentang Dasar-dasar pertolongan pertama yaitu *Aman diri, amankan pasien, amankan lingkungan*, Cek denyut nadi dalam 10 detik dan penggerakan dinding dada,Jika tidak ada, berikan bantuan pernapasan dengan 30 kali kompresi 2 kali nafas bantuan , dan hub ambulance untuk penanganan lebih lanjut di Rumah sakit dan Dr Ari juga memberikan nomor darurat RS BIMC Nusa Dua yang dapat dihubungi:yaitu di No 0361-3000911 dan 0361-3001122


Kapolsek Kuta Selatan, Kompol Tri Joko Widiyanto , A.Md,S.H  dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi personel yang melaksanakan tugas PAM. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan mereka akan mengalami situasi yang membutuhkan pertolongan pertama di lapangan.


Kapolsek juga berterimakasih kepada pihak RS BIMC Nusa Dua yang telah bersedia memberikan pelatihan tentang penanganan pertama ini.


Pelatihan penanganan pertama terhadap kecelakaan ini sangatlah penting bagi personel yang bertugas di lapangan. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, mereka dapat memberikan pertolongan pertama yang tepat kepada korban kecelakaan, sehingga dapat meningkatkan peluang korban untuk selamat. Kata  KOMPOL Tri Joko.





(Cahaya)