Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Usah Jual Ayam Dan Itik, Cemarkan Bau Tak Sedap, Babinsa Damping Tim DLH Lakukan Sidak

 



Gianyar - Samplangan, di tempat usaha jual ayam dan itik hidup Jl. Astina timur Lingkungan Samplangan milik Bapak Wayan Sumerta. Babinsa Samplangan Koramil 1616-01/Gianyar Sertu I Komang Yudiartana bersama Bhabinkamtibmas Kel. Samplangan Aipda Ida Bagus Made Suartana mendampingi Tim dari DLH bidang penataan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup,  melaksanakan pengecekan terkait pengaduan masyarakat tentang pencemaran /lingkungan yaitu bau kotoran ayam yang mencemari Udara dan keluhan disampaikan lewat media sosial Spam DLH Gianyar. Selasa (20/2/2024)


Kegiatan pengecekan dipimpin oleh Kepala Bidang Penaatan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup I Made Sunata, S.H.,M.Si beserta Tim, Tim melakukan kroscek dengan menanyakan kepada Wayan Juniarta selaku anak pemilik usaha tentang ijin usaha dan kondisi kebersihan tempat usahanya. setelah dilakukan pengecekan surat ijinnya ada dan memang kondisi tempat usaha jual ayam tersebut cukup kotor dan kumuh.


Tim DLH kemudian memberikan edukasi dan surat pernyataan kepada pemilik usaha jualan ayam dan itik agar mempedomani dan melaksanakan pernyataan tersebut dengan isi pernyataan :

* Membersihkan kotoran ayam dan itik seminggu sekali.

* Disemprot dengan cairan ramah lingkungan setiap hari.

* Pemilik sudah memiliki ijin usaha

* pemilik siap menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih.

Tim menyampaikan Bahwa sewaktu-waktu akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) ke tempat usahanya sehingga diharapkan pemilik dapat menjalankan isi pernyataan yang sudah ditandatangani.


Babinsa dan Bhabinkamtibmas turut memberi himbauan agar pemilik usaha dapat melaksanakan isi dari surat pernyataan tersebut sehingga diharapkan untuk kedepannya lingkungan bersih dan tidak ada lagi pengaduan dari Masyarakat tentang pencemaran lingkungan dan usahanya dapat berjalan dengan baik dan lancar.


Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Lurah Samplangan I Ketut Linggih, SKM, Kaling Samplangan I Gde Redhana, Kepala Bidang Penaatan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup I Made Sunata, SH.Msi beserta tim 8 Orang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Samplangan.




(Cahaya)