Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Jumat Curhat, Kapolres Buleleng Bersama Warga Pelabuhan Celukan Bawang Desa Pengulon

 



Polda Bali, Polres Buleleng. 

Jurmat Curhat, kembali dilaksanakan dengan warga pelabuhan Celukan Bawang Desa Pengulon Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, bertempat di Aula PT. Pelindo III, Jumat, 16/02/2024, pukul 09.10 wita, selaku narasumber Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, S.I.K, M.H. Kegiatan ini sebagai bentuk kedekatan Polri dengan masyarakat guna mempermudah mendapatkan informasi maupun menerima aspirasi masyarakat warga celukan bawang terkait kamtibmas dalam tahapan pemilu 2024.


Dalam kegiatan ini didampingi Kapolsek Celukan Bawang bersama Pejabat Utama Polres Buleleng, 

dan juga hadir Kepala KSOP Celukan Bawang.

Juga dihadiri Perbekel Desa Pengulon bersama kelian banjar dinas dan staf desa, serta GM PT. Pelindo III Celukan Bawang yang begitu antusias menyambut kehadiran Kapolres Buleleng bersama rombongan dalam giat jumat curhat ini. 


Tokoh masyarakat Desa Pengulon dan perwakilan tenaga kerja di Pelabuhan Celukan Bawang, sebanyak 50 orang. 


Pembukaan diawali oleh Kapolsek Celukan bawang AKP Ketut Ananta, S.H., dengan menyampaikan bahwa situasi secara umum daerah hukum Polsek KP Celukan Bawang yang membawahi 4 Desa yang kondisinya masih relatif kindusif aman terkendali, dan saat pelaksanaan tahap pungut suara Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan tertib. 


Kemudian dari GM PT. Pelindo III Celukan Bawang Hadi Sukamto menyampaikan bahwa Selamat datang kepada Kapolres Buleleng beserta rombongan, dan mohon maaf bila ada kekurangan dalam pelaksanaan Jumat Curhat ini.


Sinergitas seluruh stekholder yang ada di Pelabuhan Celukan Bawang sudah berjalan dengan baik, dan khusus untuk keamanan PT. Pelindo III selalu menjalin kerja sama dengan Kepolisian bahkan sudah melakukan kerja sama dengan Polda Bali.


Dilanjutkan Perbekel Desa Pengulon I Nyoman Juliana mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Buleleng dan rombongan serta sangat mengapresiasi atas waktunya bisa datang ke Desa Pengulon dalam kesibukannya terkait jaga kamtibmas ditahapan pemilu 2024, untuk itu diucapkan banyak terima kasih.


Khusus untuk keamanan Desa Pengulon tetap bekerja sama dengan pihak kepolisian, berharap silaturahmi ini berjalan bekerlanjutan, dan dimohon di pertigaan masuk Pelabuhan Celukan Bawang dipasang lampu trafic light.


Mengawali hal tersebut  Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, S.I.K, M.H., memperkenalkan diri, bahwa sebagai putra daerah Buleleng yang baru bertugas diPolres Buleleng, akan betul-betul ngayah didaerah kampung halaman sendiri. Sehingga apa yang menjadi keluhan maupun informasi yang terjadi didaerah pelabuhan celukan bawang agar disampaikan ke pihak ke Polres Buleleng. 


Bahwa Jumat Curhat merupakan program Kapolri dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat khususnya terkait kinerja Polri, mewujudkan kehadiran Polri ditengah masyarakat.


Dimana tugas Polri pada pokoknya ada tiga yakni Melayani, Mengayomi, Melindungi dan kondisi keamanan secara umum Polres Buleleng masih kondusif, adapun gangguan yang ada seperti penyalahgunaan narkoba, pencurian dan kurang disiplinnya lalu lintas, dan terhadap permasalahan ini Polres Buleleng sudah melakukan langkah-langkah pencegahan dan penindakan dengan melibatkan peran serta masyarakat.


Polri harus mampu menjamin keamanan dimasyarakat, namun Polri tidak akan mampu berbuat sendiri sehingga sangat diperlukan peran serta masyarakat secara umum.


Perkembangan di Pelabuhan Celukan Bawang sudah sangat baik, dan sudah barang tentu perkembangan ini juga bisa menimbulkan sedikit kerawanan seperti meningkatkannya lalu lintas, sehingga diperlukan pengaturan oleh Polri atau adanya rambu jalan.


Dalam sesi tanya jawab kepada tokoh masyarakat, kelian Banjar Dinas Munduk Sari, Desa Pengulon, menyampaikan bahwa sampai saat ini koordinasi dengan Kepolisian khususnya Babhinkamtibmas sudah berjalan dengan baik, sehingga pihaknya sangat mengapresiasi Kepolisian termasuk stekholder yang lain yang ada di Pelabuhan Celukan Bawang, dan mengharapkan menindak tegas para pelaku narkoba di masyarakat.


Sedangkan Ketut Sudiasa selaku Ketua Koperasi TKBM Celukan Bawang bahwa pada saat kedatangan kapal pesiar, buruh/tenaga kerja merasa dirugikan, dan mohon ada penertiban parkir kendaraan/truk di kawasan pelabuhan, termasuk knalpot brong.


Kelian Banjar Dinas Tegal Lantang, Desa Pengulon adanya penerangan lampu jalan menuju pelabuhan. 


Kapolres Buleleng dapat menanggapinya terkait dana CSR bagi masyarakat, dikomunikasikan langsung dengan PT. Pelindo III Celukan Bawang.


Sedangkan Kapolsek KP Celukan Bawang selalu mengantisipasi lalu lintas khususnya pada jam-jam rawan, atau adanya peningkatan lalu lintas.


Bila ada kapal pesiar, diusahakan agar para buruh bisa memanfaatkan dan membaca situasi sehingga tidak lagi menjadi penonton. Kepada Kasat Lantas untuk mengecek keberadaan truk yang parkir. Dan terkait adanya Knalpot brong agar Kapolsek KP Celukan Bawang menindak tegas. 


Terkait penyalahgunaan narkoba, diminta peran serta masyarakat untuk pencegahannya, Polsek KP Celukan Bawang harus memaksimalkan penindakan penyalahgunaan narkoba bila ditemukan. kemudian terkait Penerangan lampu jalan akan disampaikan ke Dinas perhubungan Kabupaten Buleleng." Ungkapnya. 


Tambahan dari Kasat Lantas Polres Buleleng, Penekanan dari Kapolda Bali bahwa di wilayah Kecamatan Gerokgak banyak ditemukan pengemudi anak sekolah tanpa menggunakan helm dan berboncengan tiga, hal ini akan ditindak lanjuti dengan memberikan edukasi kepada warga dan anak sekolah bekerja sama dengan Polsek Gerokgak dan Polsek KP Celukan Bawang, meminta kepada para orang tua untuk lebih peduli dengan anak-anaknya yang masih usia sekolah.


Terkait masukan Perbekel Desa Pengulon masalah lampu trafic light, dan masalah parkir truk segera akan dikoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kab. Buleleng.


Terkait knalpot brong Polres Buleleng sekarang sangat aktif melakukan penindakan bagi penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesefikasinya."tegasnya.


Diakhir kegiatan pukul 11.55 wita Kapolres Buleleng mengajak warga masyarakat tetap menjaga kamtibmas ditahapan pemilu 2024 dan keaktifan masyarakat memberikan informasi terkait pengguna dan pengedar narkoba, pasti kami tindak tegas", imbuhnya.





(Cahaya)