Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Siap Amankan Pemilu 2024, Ini Rangkaian Kegiatan Simulasi Sispamkota Polres Karangasem

 



Polda Bali – Polres Karangasem, Pada hari Jumat (6/10/2023) Pukul 08.30 Wita bertempat di Lapangan Tanah Aron, Amlapura telah berlangsung kegiatan Simulasi Sispamkota Polres Karangasem dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2024 yang dipimpin Kapolres Karangasem AKBP Ricko A. A. Taruna, S.H., S.I.K., M.H., M.M.


Adapun rangkaian kegiatan Simulasi Sispamkota adalah Diasumsikan pada hari Jumat tanggal 6 Oktober 2023 Pukul 07.00 Wita dilaksanakan kegiatan pemungutan suara di TPS I Kel,/Kec./Kab. Karangasem. Pada Pukul 13.00 Wita dilaksanakan proses penghitungan suara oleh petugas KPPS namun dalam penghitungan suara saksi Partai SINGA keberatan dengan hasil penghitungan suara dan saksi Partai Macan tidak mau tanda tangan karena dianggap terjadi kecurangan. Kotak suara yg di kawal Petugas Kepolisian di bawa kekantor PPK lanjut ke Kantor KPU Kab. Karangasem. Dilanjutkan dengan sidang Pleno namun Partai Macan tetap tidak setuju dan mengancam akan mengerahkan Masa.


Berdasarkan informasi dari Intelijen terdapat beberapa warga kumpul-kumpul dengan tujuan akan ke Kantor KPU Karangasem dan Kabag Ops Polres Karangasem memerintahkan Kasat Samapta melalui Unit Patroli Perintis Presisi bersinergi dengan TNI, Satpol PP, Dishub, Pecalang dan Linmas untuk menghimbau warga namun terlihat tanda situasi tak terkandali, Masa mengarah kekantor KPU Karangasem.


Kabag Ops Polres Karangasem menghubungi Kapolsek Karangasem untuk mengirimkan 1 Peleton Dalmas Awal untuk Back Up tim Patroli perintis Presisi dengan melakukan penyekatan dan menghadang pergerakan masa untuk tidak masuk kekanto KPU KArangasem namun tidak mampu sehingga Kapolsek Karangasem meminta bantuan agar di Back Up oleh 1 Kompi Dalmas Lanjut kemudian Kabag Ops melaporkan ke Kapolres Karangasem dan sesuai perintah Kapolres agar menerjukan 1 Kompi Dalmas Lanjut lengkap dengan peralatan.


Danki Dalmas memberikan himbauan kepada masa namun tidak di hiraukan sehingga Danki Dalmas memberikan Komando dorong maju sehingga terjadi aksi saling dorong antara petugas dan Masa, selanjunya dilakukan penembakan meriam air untuk memcah belah kerumunan masa. 


Kabag Ops melaporkan ke Kapolres Karaangasem untuk penggunakan Vlesbold dan Kapolres menghubungi Kapolda Bali selanjutnya seijin Kapolda Bali, Kapolres memerintahkan Kabag Ops untuk menembakkan Vlesbold, sehingga masa dapat dikendalikan dan selanjutnya petugas tetap Solo Bandung di Areal KPU Karangasem menunggu perintah lebih lanjut. 


Atas perintah Kapolres Karangasem memerintahkan untuk apel konsulidasi dan tetap melaksanakan pengamanan dan monitoring di Kantor KPU Karangasem.



(Cahaya)