Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Polres Buleleng, Melaksanakan Kegiatan Simulasi Sispam Kota Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Tahapan Pemilu Tahun 2024

 



Polda Bali, Polres Buleleng. 

Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., Pimpin Pelaksanaan kegiatan Simulasi Sispamkota dalam rangka kesiapan pengamanan tahapan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Buleleng, bertempat di Lapangan Bhuana Patra Singaraja. (Rabu, 04/10/2024).


Hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna, S.H., Pejabat Forkopimda Buleleng, Ketua KPU Kabupaten Buleleng,  Ketua Bawaslu, Dandim 1609 Buleleng, Kejaksaan Negeri Singaraja, para PJU Polres Buleleng dan Para Kapolsek Jajaran Polres Buleleng, ikut menyaksikan kegiatan pelaksanaan Simulasi Sispam Kota yang pesertanya personil Polres Buleleng bersama jajarannya. Sebelum Pelaksanaan diawali  apel kesiapan yang dipimpin oleh Kapolres Buleleng, 


Adapun rangkaian Sispamkota  sebagai berikut :

1.Simulasi pelaksanaan pengamanan Kampanye terbuka, bertempat Desa tukad mungga terjadi insiden kecil dengan pelemparan terhadap caleg DPRD. 

 

2. Simulasi pengamanan tahap pemungutan suara, yang akan dilaksanakan secara serentak pada hari Rabu tgl 14 Februari 2024. Setelah pukul 13.00 wita saat berlangsung penghitungan suara, terjadi insiden di salah satu TPS dikarenakan ketidak puasan terhadap hasil penghitungannya, tidak bisa dikendalikan personil yang melaksanakan pengamanan di TPS lalu menghubungi Kapolsek Singaraja, dengan mengerahkan dalmas awal. Dikarenakan situasi yang semakin meningkat dan massa semakin  banyak, diperintahkan untuk menyelesaikan dengan pendekatan humanis, sehingga massa bisa dikendalikan dan membubarkan diri, situasi kondusif. 


3. Pengamanan Unjuk rasa dikantor  KPUD Buleleng, dengan kedatangan sekelompok massa di Kantor KPU Buleleng menyampaikan aspirasi ketidakpuasan terhadap hasil penghitungan suara di salah satu TPS kelurahan Banjar Jawa, agar dilakukan penghitungan ulang.


Polres Buleleng dan Polsek Singaraja menerjunkan personil untuk melaksanakan patroli diseputaran kantor KPU Buleleng. 


Massa yang sudah kumpul depan KPU Buleleng, mengundang reaksi ulah adanya pengendara yang ugal-ugalan. 


Kapolsek Singaraja menerjunkan personil untuk mengamankan lokasi dan negosiasi dengan pengunjuk rasa. Situasi semakin memanas Kapolsek Singaraja melaporkan situasi di KPU

Buleleng kepada Kapolres Buleleng, memerintahkan Kabag Ops Polres Buleleng untuk menerjunkan Dalmas yang dipimpin Kasat Samapta dengan mengerahkan Kompi 

Dalmas, unit satwa, Tim Raimas, AWC, APC, Barier, Ambulance dan Keslap menuju ke kantor KPU Buleleng. 


Setiba di lokasi unjuk rasa, Sebelum melaksanakan lapis ganti diawali dengan 

pergerakan unit satwa (K9) untuk menjauhkan masa dari peleton dalmas. 


Ketua KPU Buleleng didampingi perwakilan masa, Kabag ops, dan tim negosiator menemui pengunjuk rasa, guna menjelaskan hasil negosiasi bersama perwakilan masa begitu pula perwakilan masa menghimbau masa untuk menenangkan diri dan menerima hasil dari negosiasi tersebut serta mengarahkan masa untuk kembali ke rumah masing-masing. 


Konsolidasi selesai kegiatan dilanjutkan korve bersama untuk membersihkan Lapangan Bhuana Putra yang dijadikan Latihan Sispamkota dalam rangka Kesiapan pengamanan Tahapan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Buleleng yang dipimpin oleh Kapolres Buleleng, dan menyampaikan ucapan terimakasih atas kegiatan pelaksanaan simulasi sispamkota ini, agar masing - masing Satuan, unit, Dalmas, Patroli, Negosiator tetap dilatihkan kembali sehingga pengamanan tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik." Ujarnya.



(Cahaya)