Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Kapolres Karangasem Ceramah Agama dan Bakti Sosial Pada Moment Maulid Nabi Muhammad SAW 1445

 



Polda Bali – Polres Karangasem, Pada hari Rabu (27/9/2023) bertempat di Masjid Marhaban Polres Karangasem telah berlangsung kegiatan Ceramah Agama dan Bakti Sosial Polres Karangasem dalam rangka Pembinaan terpadu Mindset dan culture set pada moment Maulid Nabi Muhammad SAW Thn 1445 H/2023 dengan tema "Dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW Kita Tingkatkan Kinerja Dengan Ikhlas dan Cerdas Guna Mewujudkan Polri Presisi Indonesia Maju".


Hadir dalam kegiatan Kapolres Karangasem AKBP Ricko A. A. Taruna, S.H.,S.I.K., M.H.,M.M., Wakapolres Karangasem Kompol Fachmi Hamdani, S.Psi., S.I.K., KABAG SDM Kompol I Nyoman Merta Kariana, S.H., M.H., Kasat Lantas Polres Karangasem AKP Wahyu Joko Nugroho, S.I.K., Kasat Intelkam Polres Karangasem AKP Kadek Alit Susanta, S.H., M.H., Pengurus Masjid Marhaban H. Marzuki, Kepala Pegadaian Karangasem Bapak Arianto, Warga Muslim seputaran masjid  Marhaban dan Personel Polres Karangasem yang terseprin dalam giat Maulid Nabi Muhammad SAW.


Sambutan Kapolres Karangasem “marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, peringatan Maulid Nabi merupakan kegiatan dalam memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, dimana Polri juga ikut bagian dalam peringatan tersebut dengan tema "Dengan Menaladani Akhlak Rasulullah SAW Kita Tingkatkan Kinerja Dengan Ikhlas Dan Cerdas Guna Mewujudkan Polri Presisi Indonesia Maju" sehingga dengan peringatan tersebut sebagai anggota Polri juga dapat meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW dalam melaksanakan tugas sehari-hari”, ungkap AKBP Ricko.


Kemudian dilanjutkan dengan Cerama/Tausyiah Ustadz Muhroni yang menyampaikan bahwa dalam peringatan Maulid Nabi ini kita selalu zikrullah, dengan moment peringatan Maulid Nabi ini kita dapat meneladani sifat-sifat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW, dimana dalam diri Rasul terdapat suri tauladan yang dapat di contoh dalam mencari Ridho Allah, dalam mencari keselamatan di akhirat kita harus meneladani dan mencontoh suri tauladan yang dimiliki oleh Rasulullah. 

Contoh Uswatun Hasanah Rasulullah : 

1. Karakter kemanusiaan, karakter Rasulullah yang perlu ditiru.

2. Mukzizat Rasulullah, sebanyak 4 ribuan lebih yang dapat ditiru.

3. Hal-hal yang khusus dari Rasulullah, seperti pelaksanaan Shalat duha, Shalat Tahajud dan hal tersebut baik dicontoh. Dan ada hal yang tidak boleh diikuti dan haram diikuti seperti mengaku Nabi dan Rasul.

4. Uswah berkaitan dengan didikan Islam seperti Shalat menghadap kiblat, dan ada 4 tata cara Rasulullah : 

a. Rasulullah memberi contoh. Pada saat Rasulullah dicaci, Rasul tidak membalas.

b. Dengan kata-kata yang menyejukkan untuk kebaikan.

c. Rasul dalam berdakwah melalui pendekatan.

d. Rasul mengajarkan dengan memberikan sangsi.


Dalam peringatan Maulid ini kita mengambil hikmah dengan mendapatkan wawasan tentang contoh-contoh suri tauladan yang dimiliki dan diajarkan oleh Rasulullah SAW.


Kegiatan diakhiri dengan pembagian sembako kepada warga yang kurang mampu oleh Kapolres Karangasem, Waka Polres Karangasem, Kabag SDM Polres Karangasem, Kasat Lantas dan Personel Polres Karangasem.



(Cahaya)