Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Kapolres Jembrana yang Diwakili Wakapolres Hadiri Kegiatan Field Trip Indonesia International Cocoa Conference dan Hari Kakao Indonesia 2023

 



Jembrana - Sabtu (16/9/2023) mulai pukul 12.50 Wita, Kelompok Tani Kakao Merta Abadi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana menjadi tuan rumah untuk Kegiatan Field Trip Indonesia International Cocoa Conference (IICC) dan Hari Kakao Indonesia 2023.


Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kapolres Jembrana yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Fudin Ismail, Sekda Kabupaten Jembrana, Ketua DPRD Kabupaten Jembrana, Dandim 1617 Jembrana, Ketua Pengadilan Negeri Negara, serta perwakilan dari berbagai instansi pemerintah, Kelompok Tani Kakao Merta Abadi, Kelompok Tani Amertha Urip Kabupaten Jembrana, petani kakao, dan banyak tamu undangan lainnya. Jumlah peserta yang hadir mencapai sekitar 130 orang.


Rangkaian kegiatan dimulai dengan penyambutan tamu-tamu VVIP dan VIP, yang dipimpin oleh Bupati Jembrana dan dihadiri oleh para tamu undangan lainnya. Setelahnya, tamu VVIP dan VIP beserta para tamu undangan melakukan kunjungan lapangan yang meliputi penanaman bibit kakao, pemetikan buah kakao, peninjauan lokasi fermentasi kakao, serta pemeriksaan di gudang hasil olahan buah kakao. Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang dan acara seremonial.


Pada acara seremonial tersebut, beberapa sambutan disampaikan, termasuk oleh Bupati Jembrana, Ketua Umum Dewan Kakao Indonesia Soetanto Abdullah, Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Direktur Tanaman Musiman dan Tahunan Kementerian Pertanian, serta Kepala Badan Karantina Pertanian Koordinator Kelompok. Mereka menyoroti pentingnya kakao sebagai komoditas unggulan Jembrana dan Indonesia serta upaya untuk meningkatkan produksi dan ekspor kakao.


Pada akhir acara, dilakukan penandatanganan prasasti peringatan Hari Kakao Indonesia 2023 "Kakao Jembrana untuk Dunia" oleh Bupati Jembrana dan Ketua Umum Dewan Kakao Indonesia. Selain itu, bantuan bibit kakao juga diserahkan kepada beberapa kelompok tani, plakat penghargaan diberikan kepada beberapa pihak yang terlibat, dan cendera mata ditukarkan antara pihak-pihak yang hadir.


Kegiatan ini berhasil berlangsung dengan lancar dan aman berkat pengamanan yang dilakukan oleh Personel Polres Jembrana dan Polsek Melaya yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Jembrana. Semua pihak yang hadir berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor kakao di Kabupaten Jembrana dan Indonesia serta mempromosikan produk kakao Indonesia di tingkat internasional.



(Cahaya)