Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Kodim 1616/Gianyar Upakarai Peralatan dan Perlengkapan Pada Tumpek Landep

 



GIANYAR, - bertempat di halaman Makodim 1616/Gianyar dilaksanakan Upakara  Tumpek Landep terkait dengan penghormatan dan keberkahan terhadap benda-benda yang berkekuatan dan tajam, seperti pisau, keris, senjata tradisional bali dan peralatan  lainnya yang terbuat dari Logam atau Besi, upacara dan ritual ini dilakukan khusus untuk memuja, membersihkan, dan memberikan berkah kepada semua benda-benda tersebut.

Sabtu (3/6/23)


Kodim 1616/Gianyar  melaksanakan Tumpek Landep sebagai bagian dari upaya untuk menjaga dan merawat benda-benda logam yang digunakan dalam tugas sehari-hari dengan tujuan  untuk memohon keselamatan, perlindungan, serta energi positif yang melimpah agar benda-benda tersebut dapat digunakan dengan baik dan berfungsi sebagaimana mestinya dalam menjalankan tugas kemanunggalan dengan masyarakat.


Upakara Tumpek Landep yang dipuput oleh Jro Mangku PNS Made Mawa  mempunyai makna  pesan penting tentang tanggung jawab dalam merawat dan menjaga aset negara. Senjata, mobil, dan kendaraan dinas lainnya merupakan alat yang vital dalam mendukung tugas-tugas pertahanan dan keamanan di wilayah Gianyar.


(Cahaya)