Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Apel Ketua Kesatuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) Polres Karangasem




Polda Bali-Polres Karangasem, Dalam rangka memperkuat hubungan dan sinergi antara kepolisian dengan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di Kabupaten Karangasem telah dilaksanakan apel yang dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait. Apel tersebut berlangsung pada hari Rabu, tanggal 21/06/2023, pukul 08.00 Wita di lapangan tanah aron Karangasem.


Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Karangasem I Gede Dana, S.Pd., M.Si, Kapolres Karangasem AKBP Ricko A. A. Taruna, S.H., S.I.K., M.H., M.M. Kasdim 1623 Karangasem, Kajari Karangasem, Ketua Pengadilan Negeri Amlapura, Kapolsek Jajaran, Kasat Binmas AKP I Wayan Gede Wirya, M.A.P, Kasi Propam Polres Karangasem, Kepala Desa Sekabupaten Karangasem, dan Personil Polres Karangasem, serta anggota Linmas Sekabupaten Karangasem.


Bupati Karangasem I Gede Dana, S.Pd., M.Si. bertindak selaku Pimpinan Apel, dalam sambutannya membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang isinya antara lain  diawali dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita masih diberikan kesehatan, serta kekuatan untuk melaksanakan Apel Ketua Satkamling Tahun 2023.


Selanjutnya disampaikan bahwa yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu  Upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling.


Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional, serta tantangan harus dihadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.


Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan sesuai program transformasi menuju Polri yang Presisi.


Pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling sesuai Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan satkamling.

Masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan.

Kehadiran Satkamling harus bisa menjadi cooling system dilingkungannya.

Mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong visi Indonesia Emas.

Peran seluruh masyarakat dan stakeholder untuk melakukan upaya revitalisasi satkamling serta lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan satkamling, dan terakhir diucapan trimakasih dan apresiasi kepada seluruh awak satkamling serta segenap stakeholder terkait lainnya. 


Kegiatan berlangsung dengan aman hingga selesai pada pukul 09.30 wita.


(Cahaya)